Pengusaha Muda ikon Sukses di Solo

Mas Wahyu Liz Adaideaja, atau dikenal dengan nama Mas Kuprit, adalah Pengusaha Muda ikon Sukses di Kota Solo.

Wahyu Liz Adaideaja dan si Kuprit

Seperti diketahui masyarakat Asia Tenggara, remaja milenial kelahiran Jogja ini punya usaha namanya Adaideaja,Tbk (Tukang boneka dan kaos)

Usahanya meliputi:



*******


Langsung saja kita simak penuturan beliau tentang sejarah adaideaja:


Saya seorang Sarjana lulusan Kimia, Universitas Gadjah Mada, dengan IPK mengharukan. 

Daftar PNS tidak keterima, daftar di perusahaan swasta dan BUMN nihil hasilnya. 
Akhirnya pada 13 Februari 2008 saya membuat usaha namanya Adaideaja, dengan slogan: "Berdiri Sedjak Tidak Kebagian Kursi". 




Filosofinya adalah: karena tidak dapat kursi pekerjaan dimana-mana akhirnya berdiri sendiri. 

Mengapa namanya ada-ide-aja? 
Adaideaja bergerak di bidang industri kreatif. 
Oleh karena modal secara finansial sangat sedikit, maka yang pertama dilakukan adalah jual jasa. 

Sesuai dengan hobi atau passion saya yakni membuat kata-kata kreatif dan unik, maka saya menjual ide kata-kata, jasa penamaan produk, jasa bikin logo juga. Itulah mengapa dinamakan ada-ide-aja.

Namun karena bidang jasa ini tidak dapat menghasilkan cashflow harian, maka pada 2012 adaideaja mengeluarkan produk berupa barang yakni Boneka Custom. Target pemasarannya adalah personal dan perusahaan/ instansi/ corporate.







Apakah Saya kursus menjahit kemudian membuat boneka sendiri?
Tidak. Untuk produksi Boneka, Adaideaja menggunakan sistem pemberdayaan masyarakat, dengan bekal sedikit tabungan membelikan mesin jahit kepada orang yang bisa menjahit namun tidak mempunyai mesin.
Sistem ini kita beri nama Kemitraan.  Seperti Lagu yang dipopulerkan Iwan Fals, "Kemitraan ini Janganlah Cepat Berlalu.."


Boneka Custom Hasil Perbuatan Adaideaja dibuat sesuai keinginan customer. Jadi produk Boneka ini bukan komoditi melainkan produk unik, tidak dapat ditemukan di toko. 
Keunggulannya adalah dapat dipesan satuan (tanpa minimum order). 
Kejujuran di awal juga menjadi nilai plus dari Adaideaja. Setiap pemesan boneka akan kita beri informasi mengenai prediksi keakuratan hasil agar tidak ada kekecewaan dari customer tersebut.



Adaideaja bergerak di bidang industri kreatif, maka cara pemasarannya tidak secara hard selling, melainkan soft selling. Adaideaja menggunakan model Cerita/ Story Telling/ konten kreatif. 

Sejak awal berdirinya usaha, Saya menuliskan cerita (dalam bentuk blog) perjalanan usaha. 
Pertama untuk meninggalkan jejak digital, kedua tentu menguntungkan secara usaha, karena tulisan saya ditangkap oleh mesin pencari (Google), dan kalau ternyata menginspirasi maka akan menjadi amal jariyah bagi saya.


Personal Branding
Sejak diluncurkannya produk Boneka Custom, Saya mengubah diri Saya sendiri menjadi tokoh cerita (komik) yakni Si Kuprit, yang ciri khasnya mengenakan blangkon, memakai jas dan dasi kupu-kupu lengkap dengan boneka miniatur saya sendiri.


Mengapa saya memilih menjadi tokoh dengan mengenakan blangkon?
Pertama, karena saya lahir dan dibesarkan di Jogja. Kedua, blangkon sesuai dengan brand ada-ide-aja, karena blangkon dapat berarti: "Yang tadinya Blank jadi ON".


LIPUTAN
Adaideaja mendapatkan liputan dari media massa karena keunikan ceritanya, sehingga ini menjadi cara sosialisasi/ promosi yang gratis, tanpa biaya iklan namun dampaknya luas. 
Selain itu, liputan media lebih dipercaya masyarakat daripada beriklan.

Saya berusaha konsisten membuat konten yang lucu-lucu, kerap kali dibagikan oleh orang lain, sehingga ini juga menjadi cara promosi gratis, dan lebih dipercaya (karena diceritakan ulang oleh orang lain).

channel legenda si kuprit: https://youtu.be/utKYPJ0Ezqg


Open Reseller
Untuk cara distribusi produknya adalah sistem reseler, sehingga Adaideaja membuka peluang usaha bagi masyarakat tanpa mereka harus keluar biaya, cukup menjadi dropshiper atau perpanjangan tangan, yakni dengan memanfaatkan media sosial saja.


Visi ke depan
Adaideaja akan berkembang, bukan sekedar tukang boneka saja, namun menjadi platform yang menghubungkan para penjahit atau pengrajin boneka se-Indonesia, sehingga memudahkan pelanggan dari segala penjuru untuk mendapatkan boneka, sekaligus memperkuat ekonomi UMKM terutama para penjahit.

Itulah Mas Kuprit, yang dikenal sebagai ikon Pengusaha Sukses di usia Remaja di Kota Solo.


************


Download Katalog Boneka di: bit.ly/katalogbonekacustom


Untuk Pemesanan

WA 085728309759
Instagram: adaideaja
Twitter: @emperpreneur


Marketplace:

klik tombol chat WA berikut:


Komentar